24 April 2011

Larut dalam romansa galau "Gue Ingin" dari Super Bejo

90's is the best!
Mungkin saya terlalu lugu untuk menyatakan bahwa dekade 90an merupakan dekade terbaik yang pernah dinikmati manusia Indonesia. Sebagai generasi manusia Indonesia yang terlahir di akhir tahun 80an, wajar adanya jika akhirnya dekade 90an (1990-1999) sangat mempengaruhi tumbuh kembang pribadi saya dalam mengenal Indonesia dari perspektif pribadi. Tumbuh kembang saya tentu sangat dipengaruhi akan lingkungan tempat saya bertumbuh. Dari lingkungan inilah saya mengenal berbagai jenis musik untuk saya dengarkan. Dalam hal ini, saya bersyukur karena mudah mendapat akses untuk menonton acara musik ataupun klip lagu di Televisi, mendengarkan radio, ataupun mendengarkan kaset serta CD koleksi kakak saya.

Akan ada banyak hal yang bisa dikupas dari "musik Indonesia seperti apa saja pada dekade 90an yang mempengaruhi tumbuh kembang saya?". Tetapi di tulisan ini saya akan memfokuskan pada salah satu lagu Indonesia yang saya sukai di masa 90an tersebut. Lagu ini dinyanyikan oleh duet Super Bejo yang anggotanya adalah MC kondang di masa 90an tersebut, Edwin & Djodhy. Judul lagu tersebut adalah "Gue Ingin". Kenapa lagu ini yang saya pilih disini? Ini lebih dikarenakan saya sekarang semakin kagum oleh kekuatan lirik di lagu ini sendiri. Ketika menulis tulisan ini sebenarnya saya tidak lagi galau, saya justru mencoba memberi apresiasi sedalam-dalamnya terhadap pengarang lirik lagu ini. Lirik lagu ini sangat jujur menceritakan seorang pria dengan hati hampa serta tidak ingin melewatkan malam sendirian dan berharap ditemani oleh pasangannya. Entah kenapa saya sangat suka penggalan lirik yang ini:

Hanya rinai hujan menemani
Gemericik menggema
Semilir angin menerpa nurani
Membuat diri ini semakin hampa


Penggunaan kata ganti orang pertama di lagu ini "gue" ketimbang menggunakan kata "aku"/"Saya" juga membuat lagu ini menurut saya lebih kena ke dalam hati pendengar. Menghilangkan kesan bahwa lagu ini formal dan juga cocok dengan interpretasi mood Djodhy dalam menyanyikan lagu ini. Tentu saja bagi saya mayoritas lagu-lagu Indonesia pada umumnya yang booming pada tahun 90an salah satu kekuatannya adalah dalam pemilihan liriknya yang tidak cheesy, lagu ini pun bagi saya tidak cheesy serta jauh dari suasana melankolis. Dengan musik rock yang mengiringi lagu ini, "Gue Ingin" dapat merepresentasikan kekuatan lagu-lagu pada era 90an. Sebuah era dimana saya tambah bersyukur dan merasa beruntung bahwa saya tumbuh kembang di era ini karena saya banyak mendengar musik-musik dari industri musik Indonesia dengan kualitas seperti ini. Ya, kalimat terakhir tentu saya gunakan untuk menyindir musik yang beredar pada industri musik saat ini yang makin menuju titik nadir kekreativitasan dari pelaku industri di dalamnya.

Pilihan lagu terkadang mencerminkan perasaan hati kita tentunya dan sebenarnya ketika sedang galau saya cukup terhibur ketika memutar video klip lagu ini. Video klip lagu ini sendiri memparodikan cerita film Romeo + Juliet (1996). Dengan lirik lagu galau + video klip seperti ini, rasanya galau yang tertambat di dalam hati bisa sedikit berkurang kadarnya :p haha. Kehadiran Andhara Early ketika masih muda sebagai model video klip lagu ini juga bisa membuat saya tersenyum ketika menontonnya. Baiklah, sampai disini dahulu tulisan saya, lain kali (baca: jika ada niat) saya akan menulis dan menaruh lagu-lagu lainnya dari zaman 90an yang berkesan bagi saya.

*drum roll* Kita sambut, band yang telah meraih platinum versi mbahdiddo: SUPER BEJO!!

 

Malam sunyi kembali lara sendiri
Gelap pekat entah apa yang tersirat

Hanya rinai hujan menemani
Gemericik menggema
Semilir angin menerpa nurani
Membuat diri ini semakin hampa
Tak mengerti lagi mesti bagaimana

Gue ingin malam ini loe ada disini
Temani gue yang goyah serasa tak berarti
Gue ingin loe rasakan galau hati ini
Hingga gue dapat nikmati indahnya hidup ini

Malam sunyi kembali lara sendiri
Gelap pekat entah apa yang tersirat

Hanya rinai hujan menemani
Gemericik menggema
Semilir angin menerpa nurani
Membuat diri ini semakin hampa
Tak mengerti lagi mesti bagaimana

Gue ingin malam ini loe ada disini
Temani gue yang goyah serasa tak berarti
Gue ingin loe rasakan galau hati ini
Hingga gue dapat nikmati indahnya hidup ini

Hanya rinai hujan menemani
Gemericik menggema
Semilir angin menerpa nurani
Membuat diri ini semakin hampa
Tak mengerti lagi mesti bagaimana

Gue ingin malam ini loe ada disini
Temani gue yang goyah serasa tak berarti
Gue ingin loe rasakan galau hati ini
Hingga gue dapat nikmati indahnya hidup ini

1 komentar:

Anonim mengatakan...

gw tungguin kapan si edwin nyanyi...kok lama bener yah? haha...keren euy suaranya jhody yah!